How to install Ice Cast2 on Ubuntu? What’s Ice Cast??

Membuat radio streaming online dengan icecast2+winamp :

Assalamualaikum…… hi,Pagi Friends.

Oke. . . . pagi yang mendung ini, mari kita coba protolin sedikit tentang ice cast2. Berawal dari seorang temen yang penasaran gimana cara buat radio streaming internet??? dan tanya ke orang kok malah di suruh bayar???(dasar mata duitan!!!). Disini kita akan coba share secara gratis, dan semoga bisa mengobati rasa penasaran, friends!!!

Ice cast adalah sebuah salah satu software open sources streaming radio, yang akan melakukan stream pada mode http-unicast. Dan disini kita memakai plat form Ubuntu dong!!!.

Langsung aja yaaa . . . kita protolin satu satu :

Kita install icecast2 :

sudo apt-get install icecast2

Di sini kita agak pake script nihh!!! tapi jangan takut gampang kok!!!! Edit dan konfig password,port dll (edit tulisan hackme untuk meng config password ice cast) edit file dibawah ini :

sudo gedit /etc/icecast2/icecast.xml

maka akan muncul script, dan cari script ini :

<authentication>
<!– Sources log in with username ‘source’ –>
<source-password>hackme</source-password>
<!– Relays log in username ‘relay’ –>
<relay-password>hackme</relay-password>
<!– Admin logs in with the username given below –>
<admin-user>admin</admin-user>
<admin-password>hackme</admin-password>
</authentication>

di sana menunjukkan, untuk user login pake admin dan pass hackme : kalau kamu biarin standart kaya gitu ya suka suka antum!!! tapi biar aman di ganti aja dehh user ma password nya :).

langkah berikutnya Edit default service untuk startup otomatis (ganti ENABLE=true)

sudo gedit /etc/default/icecast2

installasi server ice cast2 sudah beres nihh,h tinggal startup service icecast2 :

sudo /etc/init.d/icecast2 start

Untuk mengetahui ice cast2 antum dah jalan atau belum, buka browser dan browse http://alamatip:8000/ dan login sebagai admin dengan user dan pass yang telah diconfig. tadi tentunya.

Next step, kita akan pake’ winamp sebagai client atau subscriber nya, untuk mer remote icecast:

Kalau belum ngerti winamp nya buat apa??? nih ta’ paparin sedikit, Ide-nya adalah nanti kita akan config. winamp sedemikian rupa untuk connect ke icecast, di sana, kita bisa siaran, muter lagu dan mungkin apa aja dehhh…..temen2 lah yang lebih kreatif….. menggunakan winamp(kurang lebih seperti itu).

Ok??? untuk meng-conn-kan winamp ke icecast kita butuh beberapa plugin wintamp :

1. http://yp.shoutcast.com/downloads/shoutcast-dsp-1-9-0-windows.exe

2. http://www.oddsock.org/tools/edcast/edcast_winamp_3.1.21.exe (winamp plugin) dan http://www.oddsock.org/tools/edcast/edcast_standalone_3.1.21.exe (standalone)

3. Kalau link di atas sudah broken, coba pake link yang ini aja [button_small href=”http://idws.us/bcaeihf”%5DMy Edcast :P[/button_small]

Di install aja . . . 2 plugin di atas, (Pada saat Proses Installasi Jangan lupa edcast_ nya di centang yaa…/Centang aja semua, biar aman)

Menghubungkan winamp ke ice cast ikutin aja gambar di bawah..!!!

Cara configure edcast :

Server IP : adalah alamat IP icecast kita(IP SERVER)

Server Port : adalah port icecast yang telah kita install tadi (secara default port yang digunakan adalah “8000“)

Encode Password : adalah password icecast yang telah kita konfigure di atas. . . jika mengacu pada tutorial ini pass default yang digunakan adalah “hackme”

mount point : adalah output dari icecast untuk media radio streaming kita (suka-suka sihh!!!, mau dikasih nama apaan?) kalau aku isi joyomakmur.ogg, maka output radio streaming kita akan berada di “http://ip-server:8000/joyomakmur.ogg

Selamat ngecepret ria dengan menggunakan ice cast. Akhir kata wasalamualaikum. wa.wb. sampai ketemu lagi di posting Q berikutnya.

Leave a comment